Tagana Bulungan Selenggarakan Simulasi Bencana Berbasis Komunitas

TANJUNG SELOR – Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bulungan beserta dengan berbagai komunitas yang dinaunginya, mengadakan Simulasi Penganggulangan Bencana Banjir Berbasis Komunitas saat memperingati HUT Tagana yang ke-13 di Lapangan Agatish, Tanjung Selor pada Sabtu (25/3) lalu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana HUT Tagana Bulungan ke-13, Sudirman, Apel Siaga dan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan dalam rangka ulang tahun organisasi yang berdiri sejak tahun 2004 tersebut, “Acara lain yang kami selenggarakan antara lain Sosialisasi Kegiatan Tagana ke sekolah-sekolah, Lomba Bola Volley, serta Bakti Sosial di Panti Tresna Werdha Tanjung Selor.” tambahnya.

Bupati Bulungan, H. Sudjati, dalam sambutannya mengatakan bencana dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. Masyarakat juga sering tidak siap dalam menghadapi bencana, sehingga saat bencana terjadi banyak menimbulkan korban jiwa, harta dan dampak psikologis. “Untuk itu, perlu diberikan pemahaman dan pelatihan serta Simulasi kepada masyarakat tentang kesiagaan dalam menghadapi bencana.” tutupnya. (sgf/kominfo)